13-RUMAH BARU SHARON

12-RUMAH BARU SHARON

 sampul Sharon depan copyPenulis : Windu Hernowo
Penyunting : Indiepro
Tata Letak : Dani Ardiansyah
Cover : Dani Ardiansyah
ISBN : 178-102-7770-30-0

 Setelah kelahiran anaknya, Donny dan Sharon bertekad untuk memiliki rumahnya sendiri. Untuk menyalurkan hobbynya Sharon memilih rumah di luar Jakarta yang pernah dilihatnya di iklan surat kabar.

Menurut Donny, Menggunakan AC adalah termasuk pengeluaran bulanan terbesar untuk listrik rumah. Seandainya kita tahu bahwa ada cara untuk mengurangi panas dalam rumah dengan cara alternatif, mungkin kita bisa mengaplikasikannya pada rumah tinggal.

Salah satu cara untuk mengurangi panas yang masuk kedalam ruangan, adalah dengan menggunakan material bangunan yang tepat.

Berbagai macam material bangunan ini memiliki daya serap terhadap panas, yaitu berapa lama material dinding tersebut terasa panas di bagian dalam bangunan.

Misalnya, pada sore hari, berapa jam dinding bisa menahan panas maksimum hingga panas tersebut masuk dalam ruangan.

Tentunya dinding yang dimaksud adalah dinding dengan material yang digunakan sebagai dinding, bukan sebagai tempelan saja (ekspos). Material yang dijelaskan disini adalah material dinding batu alam, beton, batu bata dan dinding kayu.

Dinding batu alam merupakan salah satu material yang paling banyak menyimpan radiasi panas, karena itu dinding yang dibuat dari batu dingin lebih lama, saat material lain sudah panas. Dinding batu alam paling disarankan untuk rumah agar lebih dingin dan mengurangi bahkan menghilangkan penggunaan AC.

Dinding batu alam setebal 30cm bisa menahan panas maksimum hingga 8 jam, artinya panas dari luar akan ditahan dalam dinding tersebut selama 8 jam sebelum benar-benar panas. Rumah-rumah buatan Belanda jaman dahulu banyak memakai dinding batu alam pada bagian bawah rumah, yang juga berfungsi menahan panas. Dinding batu alam bisa merupakan perpanjangan dari pondasi batu kali.

Dinding beton termasuk material kedua yang bisa menahan dan menyimpan radiasi panas dari luar. Karena itu dinding beton juga baik digunakan agar kita mengurangi atau menghilangkan penggunaan AC. Material dinding beton setebal 15cm (setebal dinding biasa) bisa menahan panas maksimum hingga 3,8 jam sebelum dinding dalam ruangan benar-benar panas.

Dinding batu bata adalah dinding yang paling banyak digunakan untuk rumah tinggal di negeri kita. Dinding ini juga bisa menyimpan panas cukup lama, dimana dinding 10cm bisa menahan panas maksimum hingga 2,3 jam.

Karena itu bila terkena sinar matahari langsung, dinding bata akan terasa paling panas hingga 2,3 jam. Meskipun material ini kurang bisa menyimpan panas bila dibandingkan dengan batu alam dan beton, tapi material ini paling mudah didapatkan dan termasuk paling ekonomis, karena itu paling banyak digunakan juga.

Dinding kayu banyak digunakan di Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, Irian dan luar jawa lainnya. Material kayu mudah didapatkan dipulau yang masih banyak produksi kayunya, serta merupakan cara membangun turun temurun. Sayangnya material kayu ini tidak lama dalam menahan panas, karena dinding kayu 5cm hanya bisa menahan radiasi panas maksimum selama 1,3 jam saja.

Karena itu rumah kayu harus memiliki banyak ventilasi agar lebih dingin. Demikian pula bila menggunakan AC, akan memerlukan lebih banyak daya listrik.

Dari berbagai material untuk dinding tersebut, maka menurut Donny, terbaik adalah menggunakan dinding batu alam, namun perlu kita perhatikan juga tentang ketinggian bangunan, banyaknya ventilasi, ketinggian dinding, dan sebagainya bila kita tidak berencana menggunakan AC. Namun mengingat dinding seperti batu alam bisa merusak lingkungan akibat mengambil batu alam dari sungai-sungai, maka tetap disarankan untuk menggunakan dinding bata.

Jadi Donny perlu ada sedikit renovasi pasda rumah itu sehingga nyaman. Sebelum berpindah, Sharon dan Donny berbincang dan berdiskusi dengan ustadz Supeno tentang pindahan ini dalam islam

“Kyai Supeno, Apakah hukumnya melakukan syukuran ketika akan pindah rumah dan hal-hal apa yg perlu dilakukan ketika akan pindah rumah menurut tuntunan Rasulullah Shallallahu ‘alayhi Wasallam ?, tanya Donny

Kyai Supeno menjawab : Syaikh Al-Fauzan ditanya mengenai masalah ini, maka beliau menjawab, “Tidak mengapa mengadakan pesta (undangan makan) ketika pindah ke rumah baru, dengan mengundang teman-teman dan karib kerabat, jika dia mengerjakannya semata-mata untuk mengungkapkan kesenangan dan kegembiraannya. Adapun jika acara itu disertai dengan keyakinan bahwa acara itu bisa mencegah kejelekan jin, maka mengerjakan amalan ini tidak boleh, karena itu adalah kesyirikan dan keyakinan yang rusak. Adapun jika dikerjakan karena adat, maka tidak masalah.”[Dinukil dari Al-Muntaqa jilid 5 no. 444]

Dan Syaikh Ibnu Utsaimin ditanya dengan teks soal sebagai berikut: Telah membudaya di tengah-tengah manusia, bahwa siapa saja yang pindah ke rumah baru atau membeli rumah baru atau dia mendapat pekerjaan atau dia naik jabatan atau yang semisalnya, maka dia mengadakan semacam acara makan-makan.  Apa hukum amalan ini?

Beliau menjawab, “Ini termasuk dari pesta-pesta yang mubah, maka boleh bagi seseorang untuk mengadakan acara ketika dia pindah ke rumah baru atau ketika dia lulus -misalnya-. Yang jelas, jika pestanya diadakan karena adanya moment tertentu, maka tidak ada masalah.”[Dinukil dari Fatawa Muhimmah li Muwazhzhifil Ummah]Wallahu A’lam”

Dengan jawaban itu, Donny dan Sharon telah berketapan dan berniat untuk mengundang tetangga dan kawan kantornya untuk syukuran di rumah barunya. Dirumah baru ini berlantai dua dengan konsep kebebasan untuk pemilik rumah modern dengan berbagai keinginan untuk memiliki suasana eksklusif dengan kehangatan material kayu, tetapi tanpa pemeliharaan yang sulit.

Rumah itu berlntai dua dengan jendela menggunakan Aluminium yang dikenal dengan sifat bebas karat, anti-rayap, dan bebas perawatan. Menggunakan teknologi terbaru, jendela dan pintu sistem baru. Tampilan warna dari produk Alpha, Aluminium Window and door systems, sangat menawan seakan tampak dibuat dari kayu mahal seperti jenis Belleza, Prezioso.dan warna netral seperti brown, sand dark grey, sand black metallic, black matte, signal white. Ada Inovasi baru pada rumah ini diantaranya yaitu multipoint locking system dengan kelebihan titik kunci berada di beberapa posisi sehingga lebih aman dan kedap suara atau bocor.  Seal karetnya  yang berjumlah dua buah mencegah kebocoran dan lebih kedap suara.

Ukuran pintu depan maksimal dengan lebar 0,9 m dan tinggi  2,8m. sedangkan untuk jendela memiliki lebar 0,8m dan tinggi 2,75 m. Di bagian dapur, pintu dan jendelanya menggunakan Profil desain Alpha yang lebih besar dengan sistem glass beadnya juga lebih aman dibandingkan dengan pintu sebelumnya.

Di bagian interiornya ditata hingga ,Mata dan pikiran kita merespon secara emosional untuk kehadiran cahaya dan menikmati secara intuitif perbedaan jenis atmosfer siang hari atau pencahayaan buatan pada malam hari yang diciptakan oleh kehadiran cahaya buatan atau lampu.

Jadi, di rumah Sharon yang baru ini, suasana pencahayaan memiliki pengaruhnya. seperti suasana resort atau hotel, dimana Suasana visual dan dampak cahaya dapat direncanakan hingga ke detailnya.

Sebuah tata cahaya yang yang dirancang untuk membantu kita menikmati ruangan, atau ruang luar, memberikan petunjuk atau arah, dan sebagainya sehingga memainkan peran penting dalam membentuk cara kita menilai pengalaman dalam ruangan, bahkan hingga tingkat bawah sadar.

Donny merencanakan cahaya dalam ruangan, dengan memperhatikan unsur bayangan, dimana bagian yang tidak terkena sinar lampu namun hanya pendarannya saja. Penerimaan permukaan benda akibat daya pancar dari lampu tersebut menjadi lebih hidup dan nyata.

Satu hal lagi yang diperhatikan Donny dan Sharon, adalah kualitas emosional pencahayaan, dimana cahaya bisa diatur untuk mencapai sebuah suasana tertentu.

Suasana tersebut, misalnya suasana ‘romantis’, atau ‘terang’, atau ‘cozy’. Pikirkan suasana apa yang bisa didapat dari jenis-jenis lampu tertentu yang sudah direncanakan oleh Sharon dan Donny.

 Dalam desain pencahayaan, Donny memperhatikan kualitas emosional yang didapat. Untuk itu dia berkonsultasi dengan Lighting desainer ang merupakan spesialis dalam pencahayaan ruangan dan estetika pencahayaan untuk mendapatkan karya desain interior yang sekreatif mungkin.

Interior designer mungkin juga memiliki banyak referensi dan inovasi baru untuk pencahayaan.Bagian rumah yang paling banyak digunakan adalah kamar terutama di malam hari, setelah itu baru ruang keluarga, ruang makan, ruang dapur, kamar mandi dan ruang tamu. Sedangkan untuk pencahayaan yang harus selalu ada di rumah baru ini adalah di area teras, balkon dan disekitar pintu dan jendela.

Lighting desain untuk kamar tidur oleh Donny diarahkan terutama untuk kebutuhan suasana dan kenyamanan, yang dalam pencahayaan istilah luminair. Secara individual diaktifkan dan diatur untuk memenuhi berbagai kebutuhan ruang dimana tiap ruang berbeda.

Penataan cahaya lebih lanjut oleh Donny dan Sharon ditekankan untuk memperoleh suanana pencahayaan terbaik dan menonjolkan cahaya tersebut pada tempat-tempat yang tepat, pada hiasan dinding, galeri lukisan, meja kerja, dan sebagainya.

Untuk meningkatkan kesan keseluruhan ruangan, kualitas desain prioritas Sharon memilih jenis lampu, baik itu lampu tempel, lampu gantung, chandelier, dan lampu pendar. Pada tempat-tempat tertentu. Sehingga Sharon berketetapan untuk bisa memilih dan mengatur tingkat kecerahan dan penyebaran cahayanya dalam ruangan sesuai dengan suasana hati, dengan cara memilih jenis lampu yang bisa diatur arahnya, terang gelapnya dan intensitas cahayanya.

Donny dan Sharon sangan puas dan menyenangi hasil renovasi pada rumah barunya. Mereka juga membangun sebuah rumah kaca dipekarangan belakang untuk memuaskan hobbynya bercocok tanam. Semua dinding dan atapnya tedrbuat dari kaca agar cahaya matahari bisa masuk kedalam. Bagian atapnya terbuat dari kaca dengan kemiringan yang bisa diatur, dibuka dan ditutup dari bawah melalui sebuah handle. Handle ini terletak di tiang besi didekat pintu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s